PERTEMUAN I – Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak

PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

1. Definisi Perangkat Lunak (PL)

IEEE – Standar Glossary of Software Engineering Terminology, 1990:
“Computer programs, procedures, and possibly associated documentation and data pertaining to the operation of a computer system.”

Maksudnya: Perangkat lunak merupakan kumpulan dari program, prosedur, dan dokumen data lain yang saling berhubungan yang merepresentasikan masalah di dunia nyata yang dikonfigurasikan dalam sebuah bentuk aplikasi yang harus dikerjakan komputer.

2. Produk Perangkat Lunak
– Perangkat lunak<>produk perangkat keras.
– Produk perangkat lunak dikembangkan (developed) atau direkayasa (engineered).
– Tidak dipabrikkan seperti Perangkat keras.
– Perangkat lunak secara pemakaian tidak pernah ‘lelah’ layaknya perangkat keras.

3. Pokok Bahasan dalam RPL :
– RPL sebagai produk dan sebagai produk.
– Konsep manajemen proyek.
– Proses pembangunan PL dan metrik proyek.
– Perencanaan proyek PL (Perangkat Lunak).
– Manajemen resiko dalam pelaksanaan proyek.
– Penjadwalan dan penelusuran proyek pembangunan PL.
– Jaminan kualitas PL (Perangkat Lunak).
– Manajemen konfigurasi PL.
– Rekayasa sistem kearah CB.

– Konsep dan prinsip analisis.
– Pemodelan analisis.
– Konsep dan prinsip desain.
– Metode desain.
– Implementasi pembangunan.
– Teknik pengujian perangkat.
– Strategi perancangan PL.
– CASE tool pembangunan PL.

4. Karakteristik perangkat lunak yang baik:
– Usability.
– Bereliable.
– Maintenability.
– Efficiency.
– Eye cathcing user interface.
– Long life time.
– Mempunyai kinerja sesuai fungsi yang dibutuhkan pemakai.

5. Jenis-jenis aplikasi Perangkat Lunak:
– Perangkat Lunak Sistem (System software).
– Perangkat lunak waktu nyata (Realtime Software).
– Perangkat Lunak Teknik Dan Ilmu Pengetahuan (Scientific & Engineering Software).
– Embeded System (yang ditanamkan ke sistem).
– Perangkat Lunak Pengolah Data (Data Processing).
– Perangkat Lunak Sistem Informasi (Information System).
– Perangkat Lunak Sensor.
– Perangkat Lunak Komunikasi (Communicaion Software).
– Perangkat Lunak Pengolah Grafis.
– Perangkat Lunak Kecerdasan.

6. Evolusi Perangkat Lunak
– Perangkat lunak pertama kali diciptakan tahun 1945.
– Fokus utama pembuatannya untuk mengembangkan praktik dan teknologi dalam meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang PL dan kualitas aplikasi yg dapat digunakan oleh pemakai.
– Evolusi dipicu adanya tuntutan bisnis dan lingkungan kerja yang berkembang sangat dinamis.

  • Era I (1945–1960)
  • Era II (1960–1970)
  • Era III (1975–1985)
  • Era IV (1985–2000)
  • Era V (2000–sekarang)

7. Krisis Perangkat Lunak
Masalah yang muncul:
– Estimasi jadwal dan biaya yang sering kali tidak tepat.
– Produktivitas orang-orang software yang tidak dapat mengimbangi permintaan software.
– Kualitas software yang kurang baik.
– Kurangnya pengetahuan tentang: Bagaimana mengembangkan software, memelihara software yang ada.
– Bagaimana mengimbangi permintaan software yang makin besar.

8. Definisi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
RPL atau Software Engineering (SE) = Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Perangkat Lunak yang dibuat harus mampu:
– Tepat waktu.
– Tepat anggaran.
– Meningkatkan kinerja.
– Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar.

9. Perbedaan RPL dengan Computer science
– Computer Science = Computer science lebih memperhatikan teori & metode komputerisasi, sedangkan software engineering menyangkut masalah praktikal pembuatan dan delivery perangkat lunak.
– Software Engineering = Software engineering merupakan bagian dari system engineering, dimana sistem engineering memperhatikan semua aspek pembuatan sistem berbasis komputer termasuk perangkat keras, perangkat lunak & proses.

10. Perbedaan RPL dengan Rekayasa Sistem (RS)?
– Rekayasa Sistem = Rekayasa Sistem (RS) berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses.
– Rekayasa Perangkat Lunak = RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.

11. Tantangan dalam Rekayasa Perangkat Lunak
– Tantangan warisan.
– Tantangan heterogensis.
– Tantangan pengiriman.

12. Pelaku Dalam RPL
– Manajer
( Manajer proyek, Manajer konfigurasi, Manajer penjamin kualitas PL, Manajer bidang lainnya sesuai kebutuhan )
– Software Developer
( Analis sistem, Desainer, Programmer, Inspektor PL, Pengontrol perubahan )
– Pendukung
( Staff administrasi, Humas, Pencatat teknis, Administrator database, Administrator jaringan )

Advertisements

One thought on “PERTEMUAN I – Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s